Perawatan

PENTINGNYA MENGETAHUI DERAJAT TANAH

1. Apa itu derajat keasaman tanah?

Derajat keasaman atau yg sering di sebut dgn pH “potentiometric hydrogen” adalah tingkat keasaman atau kebasaan suatu benda yg diukur dengan skala antar 0 hingga 14. Suatu benda dikatakan bersifat asam jika angka skala pH kurang dari 7 dan disebut basa jika skala pH lebih dari 7. Jika skala pH adalah 7 maka benda tersebut bersifat netral, tidak asam maupun basa. Kondisi tanah yg paling ideal untuk tumbuh dan berkembangnya tanaman adalah tanah yg bersifat netral.

2. Bagaimana mengetahui skala pH tanah?

Cara mengetahui pH tanah yg paling akurat adalah menggunakan sebuah alat pengukur pH yg disebut dengan pH meter. Namun harga benda ini cukup mahal, tetapi jangan khawatir, jika kamu ingin mengetahui kondisi asam/basa tanah kamu juga bisa menggunkan Kertas Lakmus. Berbeda dgn pH meter, Kertas Lakmus ini hanya bisa menentukan apakah tanah tersebut bersifat asam, netral ataupun basa. Sementara angka skala derajat keasamannya tidak bisa diketahui. Namun demikian Kertas Lakmus cukup membantu dalam mengetahui kondisi dan sifat tanah.

3. Apa yg terjadi jika tanah asam atau basa?

Pada tanah atau media tanaman lainnya yg memiliki tingkat keasaman tinggi unsur magnesium, kalsium dan fosfor akan terikat secara kimiawi sehingga tidak dapat diserap oleh tanaman. Pada kondisi seperti itu, unsur alumunium dan mangan akan bersifat racun dan merugikan tanaman, pemberian pupuk tidak akan efektif dan tidak efisien karena unsur hara tidak diserap tanaman. Tanaman akan tumbuh tidak normal dan produktifitas rendah dengan kualitas yg buruk – Pada tanah atau media tanam dengan tingkat alkalin tinggi (basa) unsur hara mikro seperti tembaga, mangan, seng dan besi aka terikat secara kimiawi dan tidak dapat diserap oleh tanaman. Seperti halnya tanaman pada tanah asam, pada tanah basa tanaman juga tidak akan tumbuh dan berproduksi secara maksimal.Jadi, alangkah baiknya sebelum menanam kamu mengetahui pH pada tanah, hal ini tentu sangat membantu agar kamu dapat mengambil keputusan untuk mengurangi/menambahkan skala pH agar Tanaman dapat tumbuh dengan baik!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *