Lain-lain, Perawatan, Tanaman

7 Cara Berkebun Irit Biaya

  1. Tukar menukar tanaman
    Untuk anda para penggemar tanaman sebenarnya tak harus membeli tanaman bila ingin menambah koleksi. And bisa memanfaatkan jaringan atau teman yang anda miliki. Sistemnya dengan saling menukar tanaman koleksi yang dimilki dengan kelebihnannya masing masing. Misalkan anda punya anthurium daun yang bijinya sudah matang ditukarkan dengan anakan aglonema. Cara ini akan mengehmat lebih banyak biaya dibandingkan anda harus membeli di Nursery.
  2. Pilih barang berkualitas
    Dalam berkebun tentu dibutuhkan alat alat seperti cetok untuk menggali tanah, kemudia gunting dahan untuk memotong ranting, dan mesin pemotong rumput untuk memangkas rumput liar di taman anda. Karena alat tersebut akan digunakan secara berulang dan berkala maka dalam pemilihannya saat membeli barang tersebut pastikan pilih yang berkualitas baik dan tahan lama. Dari segi harga mungkinlebih mahal namun faktanya dalam jangka panjang altatersebut akan lebih awet dan tahan lama dibandingkan anda membeli alat perkakas taman dengan harga lebih murah namun cepat rusak. Keuntungan lain umumnya perkakas yang mahal enak dipakai dan berpresisi tinggi.
  3. Gunakan material bekas
    Sebenarnya terdapat banyak material di sekitar kita yang dapat digunakan kembali. Seperti tegel bekas bangunan yang bisa dijadikan pijakan di taman anda, atau kursi duduk yang dimodifikasi demikian rupa dan dijadikan sebagai pot tanaman atau dudukan pot tanaman anda.
  4. Sebar tanaman
    Cara ini biasa dilakukan saat menanam rumput. Semisal luas taman anda 25m2, maka anda tak perlu membeli rumput seluas tersebut cukup dengan membeli rumput dengan luasan berkisar 8-10m2 dan tata rumput secara menyebar. Lakukan penyiraman secara rutin maka rumput akan menutup sempurna ke sluruh luasan taman anda.
  5. Beli ukuran kecil
    Berlatihlah sabar dengan membeli tanaman ukuran kecil atau benih. Perbedaan antara anakan tanman dengan tanman yang sudah dewasa cukup signifikan. dengan mbeli anakan atau benih tanaman dan merawatnya secara rutin maka hasil ahir yang didaptkan juga beru[a tanman hias cantik.
  6. Bijaksana dalam berbelanja
    Saat berbelanja tanman anda harus memilki kiat tersendiri. maksudnya semisal ketika ada pameran tanaman jangan terburu membeli tunggulah hingga pameran akan berahir biasnya para pedagang akan menurunkan harga tanman hias yang dijualnya. Anda juga harus mebandingkna harga jad bisa menakar harga secaa wajar
  7. Salah satu komponen yang mahal adalah pupuk. Untuk mengehmat biaya anda bisa memanfaatkan dan mengelola limbah rumah tangga menjadi pupuk. Caranya: 1. Siapkan ember plastik atau drum. Didalam ember atau drum susun mulai dari bawah: Pasir, sampah dapur, kotoran lemak, kapur tanah. 3. penambahan sampah secara bertahap. Jika berbau tidak sedap susun kembali seperti langkah awal tambahkan lapisan tanah, potongan daun kering dan jerami atau serbuk gergaji. 5. setelah 2,5 bulan kompos siap pakai.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *