Lain-lain

Rumput Gajah Mini Penutup Tanah Paling Populer

Rumput memang sangat identik pot dengan ground cover. Padahal di dunia lanskap tanaman super pendek ini bukan termasuk golongan tanaman penutup tanah. Fungsinya dalam taman disebut sebagai tanaman dasar (basic). Memang rumput juga menutup tanah tetapi bukan ground cover. Tapi rumput berfungsi sebagai alas yang juga bisa İadi tempat berpijak, ujar Ir. Cut Shinta Iman R, desainer lanskap di Menteng, Jakarta Pusat

Beragam jenis rumput dengan dan karakter berbeda bisa dinamakan sebagai alas taman. Rumput yang banyak dibudidayakan antara lain gajah, gajah mini, jepang, manila, golf sampai swiss. “Semua jenis rumput bisa digunakan untuk taman minimalis. Tetapi rumput gajah mini punya keunggulan,” ujar Heri Syaefuddin pemilik Gonku Landscape & Stock Plant di Sawangan, Depok. Rumput gajah mini dikenal punya pertumbuhan yang bagus dan sosoknya konstan. Sehingga tanpa pemangkasan permukaannya tetap bakal terlihat rata dan rapi. Intensitas perawatannya pun kemudian mejadi berkurang. “lebih enak, tak perlu repot memangkas,” lanjut Heri.

Namun bukan berarti jenis rumput lain tidak bisa dipakai dalam taman minimalis. Asalkan dirawat dengan baik dan dipangkas dengan rutin untuk menjaganya agar tetap rapi. Semuanya kembali kepada maintenance yang dilakukan. Kalau perawatanya oke tak menjadi masalah, kata Shinta.

Selain digunakan sebagai dasar taman, saat ini juga dikenal banyak jenis rumput hias. Ada yang memang asli rumput, tetapi sebagian adalah tanaman bukan rumput yang sosoknya mirip rumput. Selain digunakan sebagai tanaman pot, tanaman cantik itu juga bisa digunakan dalam taman. Tetapi bukan sebagai alas atau groundcover karena sosoknya cukup tinggi. Lebih cocok dipakai untuk semak pembatas (border. Diantaranya adalah Fetuca glauca, Stipa pennata, Stenuissima, Carex buchananii dan С. tenuiculmis.

“Ground cover memang menunjuk langsung pada tanaman yangberfungsi sebagai penutup tanah Strata tinggi tanamannya berada di atas rumput, tetapi di bawah semak,” lanjut Shinta. Lulusan arsitektur lanskap ini berujar, bahwa standar tinggi tanaman penutup tanah adalah kurang dari 20 cm. lebih tinggi dari itu sudah masuk dalam kategori tanaman semak. Cukup banyak pilihan yang masuk kategori ini. Beberapa jenis tanaman yang populer digunakan antara lain lantana, sutera bombai, alias portulaka, gardenia, arachis dan cuphea. Selain tanaman berbunga, kucai mini juga bisa jadi pilihan.

Selain Rumput Gajah Mini terdapat beberapa alternatif tanaman lainnya untuk penutup tanah seperti, Kucai mini, Portulaka, Cuphea, Lantana Camara, Gardenia, dan Arachis pintoi. Namun, tidak bisa diragukan mengenai Rumput Gajah Mini atas kemudahan perawatan, cara mendapatkan, pemberi kesan visual yang “pas” dan tentunya harga dan perawatan yang relatif murah. Jadi, jenis rumput mana yang menurut kamu cocok dengan kebutuhanmu?


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *