Lain-lain

Kreasi Konsep Desain Taman Untuk Lahan Mini

Ukuran taman harusnya tidak membatasi siapapun untuk memiliki ide besar mengenai desain taman rumah. Ide maupun konsep desain justru sangat dibutuhkan untuk lahan yang kecil, terlebih jika kamu tidak ingin tamanmu terlihat sempit dan menjenuhkan. Artikel ini akan membawamu melihat berbagai ide brilian yang cocok untuk tamanmu. Beberapa pertimbangan perlu diperhatikan loh. Yuk simak beberapa ide dibawah ini!

Konsep dasar desain taman merupakan hal yang perlu kita pikirkan pertama kali. Kita bisa menentukan konsep ini dari kegiatan yang nantinya ingin kita hadirkan dalam taman. Umumnya taman rumah memiliki fungsi sebagai tempat bersantai, tempat bermain, atau bahkan hanya sekedar untuk dinikmati visualnya dari dalam rumah melalui jendela. Jika kamu ingin membuat taman kecil di depan rumah, maka kamu dapat memilih konsep minimalis dengan penggunaan stepping (pijakan) sebagai jalan setapak untuk memudahkan kita berjalan diatas rumput maupun kerikil. Stepping juga memiliki berbagai macam bentuk dan material yang dapat membentuk identitas tamanmu. Mayoritas material yang digunakan adalah berbagai batuan alami mulai dari andesit sampai yang memiliki kesan mewah seperti marmer. Concrete atau beton juga biasa digunakan sebagai alternative untuk stepping.

Kesan natural juga bisa didapatkan dengan menggunakan stepping kayu. Tekstur kayu yang unik dan pattern alami yang diciptakan kayu dapat memberikan variasi visual yang unik. Stepping dalam taman rumah memberikan pengalaman menarik ketika penghuni rumah dapat menikmati taman dengan cara menyusurinya.

Menggunakan Taman sebagai tempat untuk bersantai bukan ide yang buruk. Kita dapat berkumpul, bercerita, maupun menikmati kudapan bersama anggota keluarga. Tidak perlu khawatir soal luasan taman yang mini, kamu bisa menggunakan desain minimalis dan usahakan untuk menghindari penggunaan pola organik. Bentukan geometrik atau garis-garis kaku dapat menyederhanakan kesan visual sehingga tampilan taman akan lebih seimbang dan nyaman dipandang.

Selain penambahan furniture, kamu juga bisa mengkreasikan kursi taman permanen dengan menggunakan material beton. Batu alam, keramik maupun kayu juga dapat dijadikan material pendukung untuk menutupi kesan kaku dan monoton yang ditimbulkan oleh beton.

Penataan elemen taman baik Elemen Softscape (Elemen Tanaman) maupun Elemen Hardscape (Elemen Keras) juga menjadi bahan pertimbangan yang penting. Pohon dan semak pada lahan mini sebaiknya digunakan sebagai border taman agar tidak mendominasi area dan membuat tamanmu terkesan luas.

Penggunaan tanaman dalam pot juga merupakan cara fantastis untuk memaksimalkan penggunaan ruang. Kita dapat memainkan berbagai ukuran dan bentuk pot untuk menghasilkan kombinasi yang menarik. Pemilihan jenis vegetasi yang tepat juga perlu diperhatikan agar tidak merusak kesederhanaan visual yang ingin diciptakan.

Tertarik untuk mulai membuat konsep taman minimu? Jangan lupa menerapkan poin-poin di atas untuk bisa mendapatkan ide desain taman yang sesuai dengan kondisi eksisting tamanmu. Jika merasa kesulitan, jangan ragu untuk mengkonsultasikan dengan ahlinya sehingga kamu bisa mendapatkan konsep hingga implementasi taman yang sesuai dengan keinginanmu. Yuk bikin taman dengan mudah tanpa buang waktu bersama OKE Garden. [Anr/CC]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *