Lain-lain

Tips Tipis Membuat Taman Tropis!

Taman depan rumah dengan konsep Taman Tropis

Indonesia merupakan salah satu negara tropis yang memiliki iklim fluktuatif. Iklim ini memiliki cuaca panas dengan kelembaban yang tinggi. Dari segi arsitektur bangunan, umumnya kita dapat merekayasa iklim dengan cara menaikkan plafon dan memperbanyak sirkulasi udara atau pencahayaan melalui bukaan seperti jendela maupun kisi-kisi. Jika kamu memiliki rumah dengan arsitektur yang tidak mendukung dan perombakan rumah belum menjadi prioritas utama karena terhalang budget, maka kamu dapat meningkatkan kualitas kenyamanan hunianmu melalui pembuatan taman. Solusi ini bisa dijadikan alternatif yang lebih murah dengan efektifitas perbaikan kualitas kenyamanan yang tidak kalah tinggi.

Taman akan membantu menteralisir kondisi iklim, sehingga dapat membuat penghuni rumah menjadi lebih adaptif terhadap cuaca dan iklim yang fluktuatif. Pohon dapat dijadikan sebagai peneduh tanpa memblokir pencahayaan alami seperti kanopi buatan pada umumnya. Jika rumah kita dekat dengan jalan raya maupun tol yang memiliki polusi udara serta polusi suara, tanaman dapat menyerap polusi tersebut. Tidak hanya itu, tanaman juga dapat memecah angin sehingga kita dapat mengurangi terpaan angin yang masuk ke dalam rumah. Tahukah kamu bahwa Taman Tropis adalah taman yang sangat efektif untuk fungsi-fungsi tersebut.


Konsep Taman tropis cocok dengan kondisi iklim Negara Indonesia

Konsep Taman tropis ini sudah pasti cocok dengan kondisi iklim dan cuaca kita, karena Iklim yang sesuai inilah taman ini memiliki variasi tanaman yang lebih luas disbanding konsep taman lainnya. Taman Tropis umumnya memiliki vegetasi yang lebih rimbun dengan penggunaan berbagai strata tanaman mulai dari pohon, semak hingga penutup tanah seperti rumput. Hal tersebut membuat Taman Tropis memiliki kapasitas menyerap air yang tinggi. Jika kapasitas tanah untuk menyerap air sangat tinggi, maka area taman dapat dijadikan sebagai sumur resapan yang bisa menyimpan air. Hal ini juga berarti bahwa taman ini sangat efektif dalam mengurangi kemungkinan terjadinya banjir. Selain itu, semakin banyak tanaman yang kita tanam dalam taman, maka semakin banyak juga suplai oksigen yang bisa kita dapatkan.

Sebelum mulai membuat taman, sebaiknya kita membuat rancangannya terlebih dahulu. Langkah pertamanya dapat dimulai dengan memilih beberapa vegetasi yang sesuai dengan keadaan taman seperti akses matahari dan air, ketinggian, hingga rencana budget yang kita miliki. Jika lahan yang kita miliki cukup luas, maka kita bisa memilih satu hingga dua pohon, baik pohon berbunga maupun berbuah. Beberapa pohon mungkin memiliki harga hingga puluhan juta, tetapi tidak perlu khawatir dengan biaya karena tanaman jenis pohon juga tersedia mulai dari puluhan ribu loh. Tidak hanya pohon, kita juga bisa menambahkan berbagai tanaman strata semak yang memiliki variasi karakteristik baik visual maupun aroma. Terakhir, kita dapat memilih jenis penutup tanah yang akan kita gunakan. Kita dapat menggunakan berbagai jenis rumput seperti Rumput Gajah mini, Rumput Teki, Rumput Swiss dan masih banyak lagi. Perlu diingat bahwa rumput memiliki kebutuhan cahaya matahari yang tinggi, sehingga jika kita sudah memiliki pohon dengan daun yang rimbun sebaiknya memilih penutup tanah yang memiliki kebutuhan cahaya minim seperti kucai mini.

Strata tanaman dari Pohon, semak hingga penutup tanah (rumput)

Langkah selanjutnya, kita hanya perlu menentukan peletakan berbagai tanaman dan juga elemen keras seperti stepping stone, lampu taman, dudukan hingga kolam. Umumnya Kesan yang ingin ditimbulkan dari Taman Tropis adalah kesan alami sehingga pola penanaman yang kita pilih sebaiknya adalah pola organik. Pola ini akan menghilangkan kesan kaku dan tegang sehingga terlihat halus serta memiliki kesan visual yang tidak berat.

elemen lampu dan kerikil yang diletakkan dengan pola organik

Taman tropis memang mungkin sudah umum diterapkan. Tetapi jika kita dapat memainkan sedikit kreatifitas dalam memilih tanaman dan elemen keras lain serta membuat pola desain yang unik, taman kamu pasti masih bisa eksis dan tampil menarik. Konsultasikan inspirasi tamanmu bersama kami dan dapatkan desain taman yang sesuai dengan keinginanmu. Kamu juga dapat menemukan berbagai inspirasi desain lain melalui website kami di www.okegarden.com [Anr/CC].

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *