Lain-lain

Taman Tropis: Rimbun dan Meneduhkan

TAMAN-TROPIS-RIMBUN-OKE-GARDEN-1
TAMAN-TROPIS-RIMBUN-OKE-GARDEN-2
TAMAN-TROPIS-RIMBUN-OKE-GARDEN-2

Taman Tropis memiliki ciri khas keanekaragaman variasi jenis tanaman yang digunakan. Berdasarkan nama tamannya, taman ini merupakan taman yang sesuai dengan keadaan iklim tropis, sehingga tanaman yang digunakan juga merupakan tanaman tropis. Untuk kita yang tinggal di Indonesia dengan curah hujan tinggi dan kelembaban tinggi, memelihara tanaman tropis sebenarnya tidaklah sulit. Tanaman-tanaman tropis pada umumnya memiliki kecenderungan untuk dapat tumbuh dengan cepat jika faktor tumbuhnya sudah diperhatikan dengan baik. Tampilan Taman Tropis yang rimbun membuat taman menjadi terasa teduh dan dingin.

TAMAN-TROPIS-RIMBUN-OKE-GARDEN-3
TAMAN-TROPIS-RIMBUN-OKE-GARDEN-3

Alami merupakan kesan yang ditimbulkan dari Taman Tropis. Jenis taman ini memang memiliki elemen softscape yang lebih mendominasi. Taman Tropis biasanya didominasi dengan tanaman berdaun maupun berbunga yang tumbuh rimbun dan biasanya dibiarkan tumbuh secara alami. Tidak seperti Taman Kering yang memiliki jenis tanaman lebih sedikit, Taman Tropis juga bisa ditanami berbagai jenis bunga yang berwarna-warni. Terutama untuk kalian yang sangat menyukai bunga, kalian bahkan bisa memanen bunga potong dari tamanmu sendiri. Tanaman berbunga juga bisa menarik beberapa kupu kupu, sedangkan burung dapat diundang dengan menanam beberapa pohon maupun semak berbuah. Tanaman yang digunakan biasanya merupakan tanaman multi strata mulai dari penutup tanah (rumput), herba, semak, perdu, hingga pohon. Pemilihan tanaman dan penataan komposisinya merupakan faktor yang mempengaruhi tampilan yang diciptakan.

TAMAN-TROPIS-RIMBUN-OKE-GARDEN-4
TAMAN-TROPIS-RIMBUN-OKE-GARDEN-4

Setelah penataan softscape selesai, kita dapat menambahkan sentuhan terakhir dengan elemen keras (hardscape) seperti batu pijakan, lampu, pot, bangku taman hingga patung. Kamu juga bisa menambahkan beberapa batu hias seperti batu kali dengan berbagai ukuran untuk bisa menguatkan kesan alami yang akan diciptakan.

TAMAN-TROPIS-RIMBUN-OKE-GARDEN-5
TAMAN-TROPIS-RIMBUN-OKE-GARDEN-5

Perawatan yang dibutuhkan umumnya menyangkut masalah kebutuhan air Tanaman Tropis yang relatif tinggi sehingga penyiraman taman sebaiknya dilakukan setiap hari di saat pagi maupun sore. Jika taman mulai terlihat terlalu rimbun dan mengganggu maka pemangkasan daun diperlukan. Beberapa tanaman mungkin bisa di pangkas menggunakan gunting tanaman kecil, namun untuk pemotongan ranting maupun pemangkasan rumput yang luas mungkin memerlukan bantuan jasa perawatan taman, terlebih untuk kamu yang tetap menginginkan jenis taman ini tapi tidak memiliki banyak waktu.

TAMAN-TROPIS-RIMBUN-OKE-GARDEN-6
TAMAN-TROPIS-RIMBUN-OKE-GARDEN-6

Menggunakan konsep desain Taman Tropis memungkinkan kita untuk dapat menanam lebih banyak tanaman dari berbagai jenis. Semakin banyak tanaman yang kita tanam, akan semakin banyak suplai oksigen yang didapatkan. Dengan demikian taman tropismu dapat dijadikan area relaksasi yang menarik. Jadi, apa Taman Tropis sudah mengambil hatimu? Yuk wujudkan taman tropismu. Jika taman tropis dirasa belum cocok, kamu bisa melihat jenis taman lain dari artikel kami di blogspot.okegarden.com.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *