Lain-lain

Iris: Tahan di Lahan Kering maupun Basah

Iris-Tahan-di-Lahan-Kering-oke-garden-1

Bunga iris (Neomarica longifolia) merupakan salah satu jenis bunga yang memiliki warna beragam. Keindahannya tersebar di seluruh belahan dunia dengan warna dominan yang berbeda di setiap wilayahnya. Warnanya yang beragam menjadikan bunga iris dipercaya oleh mitologi Yunani Kuno merupakan dewi berjubah hujan yang diutus untuk menyampaikan pesan antara surga dan bumi dengan pelangi sebagai perantara. Selain itu, bunga iris juga terukir pada Sphinx di Giza, Mesir. Penasaran dengan fakta lain tentang bunga iris? Yuk, langsung simak ulasan berikut!

Iris-Tahan-di-Lahan-Kering-oke-garden-2
Iris-Tahan-di-Lahan-Kering-oke-garden-2

Iris kuning merupakan salah satu jenis bunga iris yang mudah untuk beradaptasi. Warna bunga kuning terang memang terlihat indah dan mencolok. Bahkan, kamu bisa menemukannya di alam liar atau dekat perairan. Iris kuning memang dapat bersifat invasif. Namun, jika pertumbuhannya terkontrol atau dibudidayakan dengan baik, dapat memberikan keuntungan. Salah satu manfaat iris kuning ialah dapat memurnikan air.

Iris-Tahan-di-Lahan-Kering-oke-garden-3
Iris-Tahan-di-Lahan-Kering-oke-garden-3

Sebagai tanaman semak yang berumpun, tanaman ini baik digunakan sebagai border pada tempat yang mendapat cahaya matahari. Sering juga dipakai sebagai pengisi bak tanaman atau bidang di bawah jendela kamar. Secara alami, daun tanaman ini tumbuh menjuntai membentuk rangkaian yang mampu menutupi dinding dan permukaan tanah. Tangkai bunga muncul di antara daun-daunnya.

Bunga iris banyak dibudidayakan di berbagai belahan bumi di seluruh dunia. Bunga ini termasuk bunga “perennial” yang artinya salah satu bunga yang dapat hidup lebih dari 2 tahun. Salah satu keistimewaan bunga Iris adalah bisa tumbuh di darat maupun di air. Bentuk bunga Iris cukup unik dengan warna yang bervariasi seperti warna biru, putih, biru keunguan, pink, ungu kecoklatan, kuning dan orange. Bahkan ada yang berwarna hitam, tapi tak ada yang benar-benar berwarna merah asli.

Iris berkembang biak dengan akar rimpang (rhizome) atau biji. Pada akhir musim panas, iris bisa dibongkar, dipisahkan rhizomanya dan ditanam kembali. Jika melalui biji, bijinya harus diletakkan di dalam botol berisi pasir yang kemudian diletakkan di dalam freezer selama enam bulan, dikeluarkan dan kemudian ditanam dalam pasir sampai tumbuh anakan iris. Setelah anakan agak besar baru dipindahkan ke halaman.

Bunga iris ini melambangkan kebijaksanaan, persahabatan, gairah, keberanian dan pujian. Bunga iris biru dapat menunjukkan royalitas, sedangkan bunga iris kuning menjadi simbol gairah cinta. Bunga iris dijual dengan harga bervariasi tergantung penggunaannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *