Berita

Kami Tetap Melayani Ditengah Tantangan Pandemi

Banner-Covid-19
Banner-Covid-19
Banner-Covid-19

Maret 2020 menjadi awal mula tantangan dimulai, setelah dua warga Depok dinyatakan positif virus corona, tidak disangka begitu cepatnya wabah virus menyebar sangat cepat sehingga pemerintah memutuskan untuk mengeluarkan kebijakan bekerja dari rumah, menjaga jarak, dan kampanye untuk tetap #DiRumahAja pun digaungkan dengan tujuan mencegah penyebaran virus. Dengan dikeluarkannya kebijakan ini, secara langsung mempengaruhi perputaran roda ekonomi tanah air, tidak juga Indonesia yang terkena dampaknya, dampak ekonomi dirasakan secara global. Bahkan media internasional seperti New York Times mengatakan “Resesi global akibat wabah covid19”. Resesi global tidak bisa dihindari mengingat berkurangnya aktifitas ekonomi secara global.

Dari banyaknya industri yang terkena dampak resesi dari covid19, industri lanskap adalah salah satunya. Termasuk kami, OKE Garden, sebagai startup industri lanskap pun merasakan dampaknya. Berdasarkan data yang kami dapatkan dari petani dan tukang taman disekitaran kantor kami, sampai dengan 80% pendapatan petani tanaman hias, tukang taman, dan penyedia material taman turun drastis. Hal ini berbanding lurus dengan teori pareto yang mengatakan, jika terjadi sebuah bencana maka 80% roda ekonomi akan turun drastis disebabkan oleh 20% penyebabnya, dalam hal ini, penyebabnya adalah covid19.

Namun kami tidak menyerah, kami akan tetap bergerak untuk membantu petani tanaman hias dan tukang taman. Dengan berdiskusi, kami menemukan titik terang bagaimana cara untuk tetap bertahan ditengah tantangan pandemi covid-19. Layanan dengan langkah preventif adalah solusinya. S.O.P ketat kami terapkan pada layanan pembuatan taman, seperti konsultasi tanpa tatap muka, menjaga jarak aman 1 – 2 meter, sterilisasi dengan menyemprot desinfektan sebelum dan sesudah survey atau pembuatan taman, dan memastikan tim lapang yang bertugas dalam keadaan sehat secara jasmani dan rohani.

Kami mengerti betul tentang kondisi situasi saat ini, belum ada kabar baik terkait wabah virus covid19 di Indonesia, namun kami harus tetap bergerak karena tidak semua profesi di Indonesia bisa dilakukan hanya dengan #DiRumahAja. Ditambah lagi tidak ada satupun media yang memberitakan kalau tukang taman dan petani tanaman hias tetap perlu bekerja diluar rumah. Sementara ini, kami sedang menyusun kolaborasi dengan ojek online terkait pengiriman penjualan tanaman dengan tujuan ikut berkontribusi membantu ojek online yang juga harus tetap bekerja diluar rumah. Dengan terus berdoa agar pandemi segera berakhir, kami tetap melayani ditengah tantangan pandemi.

Hormat Kami, OKE Garden

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *