Review Taman

Review Taman Sukajadi, Before – After ala OKE Garden!

Ola, Garden People!

Setelah sekian lama bahas taman rumah, kali ini Minok hadir dengan bahasan baru yakni rangkuman hasil jalan-jalan Tim OKE Garden di taman-taman yang ada di kota kamu. Untuk membuka pembahasan kali ini, Tim Oke Garden akan ajak kamu untuk mengulas taman yang di Kota Kembang, Bandung!

Kondisi di Taman Sukajadi, Bandung. Sumber: Dokumentasi OKE Garden

Ada yang tahu taman di foto ini? Atau mungkin tinggal sekitar taman ini? Bagi People Garden yang belum tahu, taman ini bernama Taman Sukajadi yang berdiri di lahan seluas 300 meter persegi. Terletak di tengah jalan, taman ini merupakan jenis taman traffic island atau taman pemecah jalur lalu lintas menjadi dua.

Nah sesuai jenisnya, fungsi utama Taman Sukajadi sebagai area penghijauan untuk sekitarnya dan penyedia jalur bagi pejalan kaki. Selain itu, rindangnya pohon taman dengan konsep urban forest ini menjadi daya tarik bagi masyarakat untuk rekreasi atau sekedar bersantai dari hiruk pikuk perkotaan.

Dari hasil ngabuburit kemarin, Tim Desainer Taman Bandung menemukan banyak hal menarik untuk diceritakan ke People Garden. Ini dia Review Taman Sukajadi ala OKE Garden buat kamu!


Bermain Air di Water Plaza Taman Sukajadi

Buat People Garden yang sudah berkeluarga dan punya anak kecil tentunya paham betul bahwa anak-anak senang bermain air. Taman Sukajadi sudah menyediakan water fountain bagi kalian. Sayangnya, fasilitas tersebut masih dibatasi dengan pagar besi 3 lapis. Padahal hal tersebut bisa saja membahayakan bagi pengguna.

Area water fountain saat ini. Sumber: Dokumentasi Oke Garden

Tim Desainer Taman Bandung pun akhirnya menyulap water fountain tersebut menjadi water plaza yang aman dan dapat digunakan semua kalangan. Baik desain maupun material sudah dipertimbangkan, jadi gak perlu takut lagi untuk membiarkan anak bermain di sekitar water plaza!

Review Taman Sukajadi Bandung: Ilustrasi Water Fountain oleh OKE Garden
Transformasi water fountain menjadi water plaza oleh OKE Garden

Pemilihan Tanaman yang Cocok Bagi Kondisi Taman

Vegetasi atau tanaman merupakan salah satu elemen penting yang tidak bisa kita lupakan! Nah, ternyata masih ada beberapa ketidaksesuaian desain dan jenis pilihan tanaman di Taman Sukajadi loh! Masih terdapat beberapa titik kebotakan di tanah merupakan buktinya. Oleh karena itu, Tim Desainer Taman Bandung mengusulkan beberapa opsi vegetasi alternatif untuk ditanam di Taman Sukajadi.

Philodendron, Sansiviera, Kucai Mini, dan Agave White merupakan contoh tanaman adaptif yang cocok bagi taman ini. Selain itu, penggantian groundcover existing dengan kerikil dapat mempertahankan desain taman dan kondisi vegetasi agar lebih berkelanjutan.

Review Taman Sukajadi Bandung: Ilustrasi Vegetasi oleh OKE Garden
Groundcover yang dapat diaplikasikan di Taman Sukajadi dengan beberapa tanaman yang sudah disebutkan. Selain itu, mounding atau timbunan tanah dilapisi rumput dapat menjadi pilihan pengganti barrier kawat besi.

Penggunaan kawat berduri sebagai barrier seperti di Taman Sukajadi dapat berbahaya bagi pengguna. Padahal banyak keluarga yang berekreasi di taman ini. Oleh karena itu, Tim Desainer Taman Bandung mensiasatinya dengan menggunakan tanaman sebagai barrier atau pembatas. Konsep mounding untuk barrier dengan vegetasi berbentuk tegas dan tajam dapat menciptakan kesan desain yang estetik dan ekologis. Konsep tersebut juga dapat mengatur pergerakan pengguna tanpa resiko terluka pagar fisik.

Desain Baru Plaza Taman Agar Lebih Fungsional

Kondisi plaza terkini. Sumber: Dokumentasi OKE Garden

Kondisi plaza yang terbengkalai dan tidak terawat di taman ini memberikan rasa tidak nyaman dalam penggunaannya (contoh: meditasi atau seni pertunjukan). Oleh karena itu, Tim Desainer Taman Bandung menambahkan landart dalam ide desain yang baru.

Review Taman Sukajadi Bandung: Ilustrasi Plaza oleh OKE Garden
Pensuasanaan plaza agar dapat mendukung penggunaannya.

Kayu artificial menjadi opsi material alternatif pada desain ini. Hal tersebut bertujuan untuk meningkatkan rasa nyaman, memenuhi hasrat biophilia pada user, dan memberikan koneksi lebih antar manusia dan alam.

Lahan Parkir sebagai Salah Satu Hal Esensial di Taman Publik

Kondisi lahan parkir Taman Sukajadi dengan tanpa pembatas antar kendaraan ini menimbulkan kesan tidak tertata. Berdasarkan kondisi tersebut, akhirnya Tim Desainer Bandung memutuskan untuk membuat marka pembatas antar kendaraan agar parkiran dapat terlihat lebih rapi.

Review Taman Sukajadi Bandung: Ilustrasi Parkiran Taman Sukajadi
Ilustrasi Desain Lahan Parkir Hasil Review Taman Sukajadi

Lahan parkir juga terhubung dengan tempat pemberhentian angkutan umum. Signage seperti peta dan trayek angkutan yang melintasi area Taman Sukajadi melengkapi pemberhentian tersebut agar lebih memudahkan pengguna taman untuk berpindah tempat.


Gimana Review Taman Sukajadi ala OKE Garden kali ini? Semoga bisa memberi pengetahuan baru bagi People Garden semua terutama terkait taman publik! Next time, kita review taman apa lagi ya kira-kira?

Pantau terus sosial media OKE Garden dan nantikan review taman lainnya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *