Review Taman

Review Taman Cibeunying, Sentra Tanaman Hias Dahulu

Ola, Garden People!

Kemarin kita sudah jalan-jalan ke salah satu taman traffic island di Bandung yakni Taman Sukajadi. Pada artikel kali ini, Minok mau ajak kalian semua pergi ke taman lainnya yang gak kalah menarik untuk dibahas yakni Taman Cibeunying! Taman ini berlokasi tidak jauh dari Gedung Sate, di Kecamatan Bandung Wetan, Kota Bandung.

Masih sama dengan sebelumnya, Tim Desainer Bandung akan main ke taman tersebut untuk melihat-lihat kondisi di lapang lalu setelahnya kami akan merivew taman tersebut. Cus simak terus artikelnya!


Eksistensi Taman Cibeunying Sejak Dulu Kala

Taman Cibeunying merupakan taman yang telah ada sejak jaman Belanda. Taman ini berfungsi sebagai jalur hijau kota yang menghubungkan Taman Cilaki dan Taman Bengawan. Lalu pada tahun 1980 taman ini bertambah fungsinya yakni sebagai sentra dagang tanaman hias. Makanya jangan heran jika Garden People berkunjung, kalian dapat menemukan greenhouse di sekitar taman.

Baca juga: Sejarah Taman Cibeunying

Kini, Taman Cibeunying berfungsi menjadi area rekreasi warga Bandung. Terdapat beberapa spot foto dan bike shelter sebagai daya tarik agar pengunjung berkegiatan di taman ini!

Taman Cibeunying sebagai Jalur Hijau Kota Bandung. Sumber: Dokumentasi OKE Garden

Sirkulasi Taman dan Perkerasan yang Nyaman

Kondisi Taman Cibeunying Saat Ini. Sumber: Dokumentasi Tim OKE Garden

Kalau kalian perhatikan gambar di atas, kira-kira apa yang salah?

Garden Poeple pernah gak ke taman lalu hujan turun deras sesampainya kalian di sana? Lalu pas balik ke rumah kalian kesal karena sepatu kalian kotor terkena tanah yang ada di taman? Peran penting perkerasan hadir di sini. Perkerasan merupakan tempat yang biasa kita pijak seperti aspal, concrete, ubin, dan sebagainya. Perkerasan sangat dibutuhkan terutama untuk daerah outdoor. Selain untuk tempat berjalan, secara tidak langsung bisa meningkatkan kenyamanan kita di taman!

Baca juga: Series Review Taman, Taman Sukajadi Bandung

Tim Desainer Bandung memutuskan untuk menambah perkerasan atau tempat untuk berjalan kaki dari hasil observasi lapang. Tujuannya agar para pengunjung taman gak perlu khawatir sepatu kotor karena becek terutama saat musim penghujan tiba. Plus untuk kalian yang mau bawa anak kecil juga akan lebih lega karena gak perlu takut mereka terpeleset.

Review Taman Cibeunying, Perbaikan Fasilitas, Perkerasan, dan Penambahan Elemen Air
Perkerasan dibentuk secara nyata agar memudahkan pengguna taman. Selain itu, kolam ditambahkan di taman agar taman lebih sejuk dan mencitakan ruang terbuka biru pada taman.

Fasilitas Publik yang Menarik Untuk Pengguna

Lanjut ke aspek lainnya, Tim Desainer Bandung menemukan fakta bahwa di taman ini keberadaan fasilitas publik masih belum terlalu jelas terlihat. Selain memperbaiki bangku yang ada di dekat perkerasan (foto sebelumnya), Tim Desainer Bandung berinisiasi menambahkan dua fasilitas yang dapat di akses pengunjung yaknin jogging track dan playground.

Kondisi Taman Cibeunying Sebelum Penambahan Fasilitas. Sumber: Tim Dokumentasi OKE Garden
Review Taman Cibeunying, Penambahan Jogging Track dan Playground Area
Penambahan jogging track (yang berwarna biru) dan playground area oleh Tim Desainer Bandung OKE Garden

Gimana Garden Poeple, setelah penambahan fasilitas jadi lebih menarik bukan?


Review Tanaman Taman Cibeunying yang Sesuai

Sebagai salah satu elemen pendukung taman, Tim Desainer Bandung tentu gak bisa melewatkan review tanaman di Taman Cibeunying! Tim Desainer menyarankan tamanan yang cocok dengan kondisi taman yang memiliki banyak pohon penaung. Pilihan seperti Dracaena, Kucai Mini, dan Iris Kuning dapat diaplikasikan di Taman Cibeunying supaya tanaman dapat tumbuh dengan baik dan berkelanjutan!

Review Taman Cibeunying, Tanaman yang Sesuai dengan Kondisi Taman
Kondisi Taman setelah pemberian tanaman yang sesuai degan kondisi taman.

Ikuti terus series review taman oleh OKE Garden di Instagram kami!

Nah, gimana Garden Poeple? Semoga review kali ini juga memberikan pengetahuan bagi Garden People sekalian yaaa. Nantikan terus review taman by OKE garden di website ini atau kalian bisa langsung cek di instagram @desaintaman. Ciao!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *