Tanaman

Kenalan dengan ‘Lee Kwan Yew’, Hijau dan Menjuntai

Ola, Garden People!

Minok kembali lagi untuk menemani kalian~ Setelah kemarin kita bahas taman, kali ini Minok akan ajak kamu bahas tentang salah satu jenis tanaman yang mungkin kamu sering lihat. Kalian familiar tidak dengan tanaman yang ada di atas? Mungkin beberapa dari kamu ada yang tahu informasi detailnya, mungkin juga hanya kenal bentuknya saja. Biar gak cuman nebak-nebak. Simak artikel dari Minok yaa!


Asal Muasal Nama ‘Lee Kwan Yew’

Lee Kwan Yew, Lee Kuan Yew, atau Likuanyu merupakan tanaman merambat yang dapat dengan mudah kamu temui di cafe-cafe kini. Walau terdengar seperti bahasa asing, ternyata nama tersebut memang merupakan penyebutan bahasa Indonesia tanaman ini. Selain itu, tanaman ini juga bisa kamu sebut Daun Tirai Janda Merana. Dalam bahasa latin, tanaman ini memiliki nama latin Vernnia elliptica sedangkan di dunia internasional dikenal sebagai Curtain Creeper.

Nah, kalian tahu gak sih kalau ternyata Lee Kwan Yew itu berasal dari nama orang loh!

Baca Juga: Salah Satu Seri Review Taman! Taman Saparua

Sosok Lee Kwan Yew. Sumber: cnnindonesia.com

Lee Kwan Yew merupakan nama mantan Perdana Menteri Singapura yang memimpin pada periode tahun 1959 hingga 1990. Pada tahun 1967, Ia menjalankan proyek pembangunan ramah lingkungan bernama Garden City untuk Singapura. Proyek tersebut akhirnya sukses menghijaukan negara tersebut (Funfact: sampai ada bukunya loh yang berjudul Garden City Singapore: The Legaci of Lee Kuan Yew). Bangunan-bangunan yang didirikan dalam proyek tersebut terhiasi dengan tanaman rambat jenis ini. Sejak itu lah nama tersebut menjadi popular~


Metode Penanaman yang Cocok

Tanaman ini tergolong jenis semak yang tumbuh menjuntai ke bawah dengan cabang memanjang. Daun Likuanyu memiliki panjang sekitar 2 – 6.5 cm dengan lebar 1 – 4 cm dengan bentuk lonjong. Saat cuaca kering, tangkai daunnya biasanya melengkung. Pertumbuhannya cepat dan sepanjang tahun. Selain daun, ternyata tanaman ini juga memiliki bunga yang berwarna putih dan kecil sehingga tidak terlalu mencolok.

Selengkapnya: Seputar Istilah Ilmiah Likuanyu

Fakta Tentang Lee Kwan Yew, Ilustrasi Tanaman by OKE Garden
Kondisi Likuanyu yang Melengkung. Sumber: pinterest

Tanaman ini berasal dari India, Myanmar, dan Thailand, walau ada yang menyebutkan tanaman ini juga dapat ditemukan di Taiwan. Cara menanam dan merawat Likuanyu tergolong mudah, Garden People! Tanaman ini tidak terlalu bergantung dengan suhu dan kelembapan. Ini beberapa hal yang perlu kamu perhatikan tentang Likuanyu:

  • Gunakan jenis tanah yang mudah menyerap air
  • Tanaman memerlukan penyinaran full
  • Pemangkasan hanya perlu dilakukan saat diperlukan atau insidental, biarkan tanaman ini menjuntai
  • Pemupukan cukup sebulan sekali
  • Perbanyak tanaman ini dengan memotong batangnya

Kurang lebih itu metode penanaman Likuanyu, simpel banget kan Garden People?


Manfaat Menanam Lee Kwan Yew di Eskteriormu

Fakta Tentang Lee Kwan Yew by OKE Garden
Penanaman Likuanyu sebagai Display. Sumber: pinterest

Biasanya tanaman ini terletak di dinding-dinding. Fungsi utama yakni sebagai tirai untuk mempercantik dinding. Berikut manfaat Likuanyu di eksteriormu:

  • Dapat mengurangi terik cahaya tanpa menutup sirkulasi udara
  • Sebagai tanaman display atau estetika pada balkon hunian
  • Menghalangi bad view baik dari sisi interior atau sisi eskterior bangunanmu
  • Selain dibiarkan menjuntai, Likuanyu dapat dikombinasikan dengan tanaman rambat lainnya pada tiang / pergola

Selain cantik, Likuanyu juga tergolong kekinian. Kalau kamu ke cafe-cafe (terutama semi outdoor), pasti gak jarang akan sering liat tanaman ini deh! Apalagi perawatannya yang tergolong mudah, semakin menarik tentunya! Nah, apa kamu ingin mewujudkan Likuanyu di rumahmu? Langsung aja cek di sini dan kreasikan taman impian kamu bersama OKE Garden! Stay tune dan ikuti terus sosmed OKE Garden yaps!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *