Lain-lain

Monstera Sang Primadona saat Pandemi, Yuk Kenali Lebih Dalam!

Hallo, Garden People!

Siapa yang tidak kenal dengan Monstera? Sang Primadona tanaman hias saat ini 😍  Monstera banyak dicari oleh para pecinta maupun pemula di dunia tanaman karena bentuknya yang beragam, unik, dan cantik. Selain itu, tanaman ini dapat tumbuh di luar maupun di dalam rumah dengan  perawatan yang mudah. Yuk kenali lebih dalam Sang Primadona! 

Monstera primadona semua kalangan

Salah satu faktor Monstera sangat diminati yaitu bentuknya yang beragam dan unik, sehingga Monstera pun mempunyai harga yang beragam. Harga Monstera mulai dari puluhan ribu hingga puluhan juta, bahkan banyak juga yang menjual hanya dalam bentuk bonggol. Contohnya Monstera adansonii atau biasa dikenal dengan janda bolong lokal memiliki harga mulai dari 20 ribu, sedangkan harga Monstera adansonii variegata bisa mencapai 30 juta, dan Monstera dubia 250 ribu per satu daun! Saat ini Monstera dapat dibeli secara online melalui marketplace ataupun media sosial.

Monstera Langka Laku Terjual Rp31 Juta Hanya dalam 30 Menit - Lifestyle  Liputan6.com
Monstera adansonii variegata dengan harga 31 juta. Sumber: Liputan6.com

Morfologi Tanaman

Monstera mempunyai dua jenis akar, akar gantung  dan akar tembus tanah  yang  berfungsi menopang tumbuhan dan menyerap nutrisi dari dalam tanah.  Setiap batang tanaman ini menyangga satu daun, yang terkumpul pada satu titik di bagian bawah tanaman menuju akar. Daun Monstera berbentuk mirip dengan daun talas mengkilat hijau bercahaya, selain itu daun ini memiliki keunikan yaitu  berbentuk bulat hingga hati, bolong-bolong hingga robek-robek dan dari ukuran kecil hingga besar.  Beberapa Monstera juga mempunyai bunga sempurna setelah berumur tiga tahun loh. Monstera juga ada yang memiliki buah, seperti Monstera deliciosa yang buahnya dapat dimakan (dari kata delicious), rasanya seperti kombinasi pisang dan nanas. Bila Monstera Garden People sampai berbuah, selamat berarti kamu berhasil membuat tempat yang nyaman untuk teman hijaumu!

Buah Unik Harga Mahal
Buah Monstera. Sumber: unikbaca.com

Habitat asli

Menurut Plants of The World yang dikelola Royal Botanic Garden Kew, habitat asli Monstera adalah di  hutan-hutan tropis Amerika Tengah. Tanaman ini  tersebar dari Meksiko, Panama, Kolombia, Venezuela, sampai utara Brazil. Sehingga Monstera merupakan tanaman asli tropis dan tidak heran kalau Monstera tumbuh dengan mudah di Indonesia. Di Amerika tanaman ini dikenal dengan nama Swiss Cheese Plant karena bentuknya yang menyerupai keju Swiss yang berlubang. Pada habitatnya,  Monstera umumnya tumbuh hingga setinggi 20 meter yang biasanya merambat pada pepohonan tinggi.

Aneka Monstera

Saat ini Monstera tercatat memiliki lebih dari  45 spesies yang dibedakan dari bentuk daunnya. Daun Monstera ada yang memiliki lubang-lubang, robek-robek, bertekstur hingga mengkilat. Contoh Monstera yang populer di  Indonesia yaitu  Monstera adansonii (janda bolong), Monstera deliciosa, Monstera obliqua, Monstera borsigiana, Monstera karstenianum (Peru), Monstera acuminata, Monstera standleyana, dan masih banyak lagi.

Perawatan

Sesuai habitat asalnya Monstera menyukai kondisi lingkungan lembab dan banyak matahari, namun tanaman ini tidak boleh terpapar sinar matahari secara langsung karena dapat kepanasan hingga daun menguning. Tanaman ini dapat bertahan di dalam ruangan hingga satu minggu loh Garden People. Perawatan Monstera sama dengan jenis tanaman lainnya yaitu dengan penyiraman secara rutin, pemupukan berkala, dan menghindarkannya dari berbagai macam jenis hama dan  penyakit. Bila ingin menempatkan Monstera di taman, sebaiknya diletakkan di area yang terkena bayangan (misalnya di bawah pohon).

Propagasi

Tips propagasi atau perbanyakan tanaman Monstera yang mudah yaitu dengan teknik water propagation atau propagasi media tanam air.  Alat dan bahan yang dibutuhkan yaitu tanaman Monsteranya, botol air atau wadah, air bebas kaporit, dan vitamin B1. Langkah-langkahnya yaitu pertama potong batang tanaman yang memiliki akar udara, lalu masukkan ke dalam botol berisi air yang sudah dicampurkan dengan vitamin B1, tunggu 2-3 minggu akan muncul akar-akar baru, dan ganti air seminggu sekali apabila air keruh hal ini juga bisa mencegah kembang biak jentik nyamuk.

Water propagation

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *