Lain-lain

Taman Minimalis, Idaman Para Millennial

Memiliki taman di rumah merupakan idaman bagi para sebagian orang, terutama para millennial di zaman sekarang. Selain untuk mempercantik rumah, adanya taman juga dapat memperlancar sirkulasi udara sehingga rumah terasa lebih asri dan sejuk. Namun bagaimana dengan rumah yang hanya memiliki sisa lahan sempit? Sini Minok bisikin tentang konsep taman minimalis atau yang sering kita sebut dengan Minima! 

Konsep Minimalis dan Penerapannya pada Desain Taman

Arti dari kata minimalis sendiri adalah simple dan sederhana, begitu pula dengan konsep minimalis pada desain taman. Pengertian umum dari taman minimalis adalah rancangan taman yang menggunakan gaya minimalis dalam penataan dan penanaman tanamannya. Inti dari Konsep taman minimalis ini adalah taman yang dapat diaplikasikan pada area sempit hingga luas, menggunakan tanaman yang simple dan minim perawata , pola penanaman yang geometris, dan meminimalisir pemakaian pattern yang berlebihan. 

Cocok untuk Lahan Sempit

Dalam konsep taman minimalis, ruang merupakan hal yang penting dan menjadi peran utama. Dengan fokus pada ruang, maka konsep ini akan menciptakan taman dengan kesan yang luas, simpel, dan rapi. Ruang di sini biasanya  didesain tetap terbuka yaitu memakai rumput ataupun kayu dan ditambahkan sedikit sentuhan tanaman atau batu yang ditata geometris. Sehingga konsep Minima cocok sekali untuk kamu yang hanya memiliki sisa lahan sempit untuk taman di rumahmu. 

Cocok untuk Hunian Minimalis

Saat ini di perkotaan sedang marak-maraknya rumah hunian dikonsep menjadi rumah minimalis, karena desainnya yang menawan namun juga bisa menghemat lahan yang dipakai dan mampu berdiri sesuai fungsi. Seiring dengan itu, konsep taman minimalis pun menjadi idaman para millennial karena bentuknya yang sangat cocok dengan huniannya dan perawatannya yang minim. 

Contoh Taman Minimalis pada Hunian Minimalis

Biaya Lebih Murah

Salah satu ciri dari konsep taman minimalis yaitu memiliki desain yang simple, sehingga tanaman serta biaya pembuatan yang diperlukan pun lebih sedikit, begitu pula material dan perawatan yang akan digunakan minim sehingga biaya pengerjaan akan menjadi lebih murah. Bagaimana Garden People, masih ragu untuk bikin taman minimalis?🤭

Cara Mendatangkan Kesan Minimalis

Minok ada lima cara nih untuk kamu yang ingin mempunyai taman minimalis, yaitu dengan memperhatikan warna dinding, pola penanaman, pemilihan tanaman, serta furniture pendukung yang akan dipakai.

1. Dinding Menggunakan Cat Warna Terang

Tidak hanya jumlah tanaman dan furniture yang dipakai pada taman, pemilihan warna dinding yang digunakan juga dapat mempengaruhi kesan pada taman. Pada konsep Minima ini disarankan menggunakan warna putih atau putih tulang, karena warna tersebut akan memberikan kesan ringan, luas, dan terang. 

2. Menggunakan Pola Penanaman Geometris

Taman minimalis sangat identik dengan pola penanaman geometris. Tidak hanya bentuk geometris kotak dan persegi panjang, kamu juga dapat menggunakan bentuk lingkaran loh, dimana lingkaran akan memberi kesan memperhalus bentuk taman yang cenderung kotak. Pembuatan pola dapat dilakukukan dengan memakai bahan batu ataupun kayu dengan warna alami, sehingga akan menambahkan kesan lebih minimalis. 

Pola Penanaman Geometris Selain kotak

3. Menggunakan Beberapa Jenis Tanaman Saja

Variasi tanaman pada taman minimalis dapat diminimalisir yaitu dengan memakai tiga sampai empat jenis tanaman saja, dengan begitu dapat menciptakan pola warna yang senada yang indah dan mudah perawatannya. Contohnya memakai satu atau dua tanaman sebagai vocal point dengan ditambahkan beberapa tanaman penutup tanah sebagai pemanis. Selain menggunakan tanaman yang ditanam secara langsung di taman, kamu juga bisa memakai tanaman di dalam pot dengan disusun secara rapi yang dapat memberikan kesan lebih simple. 

4. Memilih Tanaman yang Mudah Dirawat

Garden people dapat memilih tanaman yang perawatannya mudah, sehingga akan lebih dapat konsep minimalisnya. Kurangi beberapa tanaman yang sering menggugurkan daun ataupun tanaman yang membutuhkan perawatan intensif. Beberapa contoh tanaman yang mudah dirawat yaitu palem-paleman, lili paris, lidah mertua, kaktus, dan pandan bali.      

5. Memilih Furniture Pendukung dengan Konsep Minimalis

Beberapa contoh furniture pendukung yang dapat dipakai pada taman ini seperti kursi taman yang terbuat dari kayu, besi, atau semen cor, dek kayu elegan, dan juga kolam ikan minimalis dengan struktur efisien.

Contoh Furniture Pendukung padaTaman Minimalis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *