Lain-lain

Paving block vs Grass block

Hallo, Garden People!

Siapa yang tau apa itu Grass block? Atau hanya pernah mendengar saja? 

Taunya Paving block Minok! Apa itu Grass block

Yuk kita bahas apa itu Grass block dan apa itu Paving block! Yang ternyata merupakan material favorit pengganti aspal dan beton pada era sekarang. 

Pengertian Paving block dan Fungsinya

Paving block atau yang sering disebut juga conrete block adalah salah satu jenis bahan bangunan produk beton pracetak yang memiliki bentuk blok-blok beton kecil. Fungsi paving block adalah sebagai bahan perkerasan penutup tanah pada jalan di perumahan, lahan parkir, sampai area perindustrian. Banyak manfaat bila kamu memakai paving block loh Garden People, misalnya yaitu jalan tidak akan ada air yang tergenang karena memiliki kemampuan penyerapan air yang bagus  dan juga dapat menjaga keseimbangan tanah serta dapat menjadi  penopang bangunan di sekitarnya.

Material Paving block

Paving block yang bagus terbuat dari bahan-bahan yang bagus pula. Jika tidak sesuai standar maka paving block akan cepat rusak dan dapat ditumbuhi lumut. Bahan baku pembuatan paving block yaitu pasir, semen, dan bahan campuran lainnya seperti abu bata, abu terbang, dan kapur. Komposisi yang dipakai biasanya perbandingan 1:3, 1:4, dan 1:5 untuk semen berbanding pasir.

Penggunaan Paving block

Fungsi utama paving block adalah untuk menutup permukaan tanah, namun untuk paving block yang berwarna-warni memiliki fungsi tambahan yaitu sebagai penambah estetika suatu area😍. Setiap jenis  paving block memiliki penggunaan yang berbeda-beda.

Paving block penambah nilai estetika

Paving block untuk Infiltrasi Air dan Anti Banjir 

Pemasangan paving block tampak terkunci dan padat? Tetapi tenang Garden People permukaan tanahmu tidak akan banjir! Pelapis tanah ini memiliki daya serap yang baik. Selain itu memakai paving block juga dapat menjamin ketersediaan air tanah bersih, dan dapat dibor serta dipakai untuk keperluan sehari-hari.

Macam-macam Bentuk Paving block

Saat ini jenis dan bentuk paving block semakin bervariasi jenisnya untuk memenuhi kebutuhan🤔. berikut beberapa macam Paving block:

Berdasarkan pembuatannya, paving block terbagi menjadi tiga jenis yaitu Conblock Press Manual, Batu Konblok Press Mesin Vibrasi, dan Paving conblock press mesin hidrolik

Berdasarkan Mutu Standar SNI, dibagi menjadi empat mutu yaitu Bata Beton Mutu A yang biasa dipakai untuk jalan dan kebutuhan non struktural, Bata Beton Mutu B, Batu Bata Mutu C yang biasa digunakan untuk perkerasan garasi rumah dan lahan parkir, serta Bata Beton Mutu D yang biasa digunakan pada trotoar, perkerasan lingkungan dan taman.

Pengertian Grass block dan Fungsinya

Grass block adalah salah satu jenis paving block yang telah dikembangkan, bentuk grass block yaitu paving block yang mempunyai lubang di tengahnya untuk ditumbuhi dengan rumput. Desain grass block juga dibuat agar dapat menghasilkan daya resapan air yang lebih banyak daripada paving block. Fungsi dari Grass block yaitu membantu penyerapan air ke dalam tanah dan memberikan kesan lebih hijau serta asri pada area yang menggunakannya. 

Grass block vs Paving block

Apa aja sih kelebihan grass block dibandingkan dengan paving block? Yang pertama, proses penyerapan air ke dalam tanah pada grass block lebih cepat daripada paving block, karena grass block memiliki lubang di tengahnya sehingga air akan langsung turun ke tanah. Kedua, grass block lebih kuat dan tahan lama terhadap cuaca, karena komposisi antara grass dan paving block ini membuat proses pemuaian lebih cepat sehingga tidak akan mudah pecah. Ketiga, desain pada grass block terlihat lebih asri ada hijau-hijaunya dibandingkan dengan paving block biasa, dan yang terakhir lebih praktis dan efisien karena material ini mudah dalam pemasangannya dan bila rusak kamu bisa menggantikan grass block yang hanya rusaknya saja. Jadi kamu tim Grass block atau tim Paving block? 😜Hihihi 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *