Lain-lain

Jangan Sembarangan! Berikut Waktu yang Tepat untuk Penyiraman

Salah satu bentuk perawatan tanaman yaitu penyiraman, namun masih banyak orang yang memiliki tanaman tiba-tiba kering dan mati. Hal tersebut dapat terjadi karena cara dan waktu penyiraman yang salah,  salah satu penyebabnya yaitu menyiram saat siang hari.

Kok bisa begitu Minok?😲

Alasan Garden People tidak boleh menyiram tanaman di siang hari

1. Air mudah menguap sebelum tanaman menyerap air

Pada siang hari, proses penguapan terjadi sangat cepat, sehingga bila menyiram maka sinar matahari akan membuat air menguap terlebih dahulu sebelum diserap oleh tanaman.

2. Sel tanaman mengkerut ketika disiram saat panas

Bila tanaman disiram dalam keadaan panas, sel-sel pada tanaman akan menggelembung terisi air dan akan pecah. Jika hal tersebut terus terulang maka tanaman akan rusak dan mati.

3. Pertumbuhan akar tidak normal

Hal lain yang akan terjadi bila melakukan penyiraman siang hari yaitu akan membuat akar terstimulasi untuk bergerak ke permukaan tanah, padahal air tidak sempat terserap ke dalam tanah dan tetap di permukaan tanah.

4. Mineral atau zat terlarut di air tertinggal di permukaan tanah

Air yang cepat mengalami penguapan akan membuat komponen mineral atau zat terlarut lainnya yang sebelumnya terkandung di dalam air akan tertinggal di permukaan daun atau bagian tanaman lainnya. 

Beberapa Hal yang Dapat Diperhatikan bila Kamu ingin Menyiram Tanaman

1. Siram saat pagi atau pun sore hari

Sebaiknya penyiraman dilakukan saat pagi hari sebelum jam delapan atau sore hari setelah jam empat sore dan hindari saat siang hari, karena tanaman siap untuk mengonsumsi air pada pagi hari dan akan memberikan tanaman kelembapan untuk pertumbuhan pada siang hari. Malam harinya penyiraman dapat mengatasi sisa panas pada siang hari. 

2. Siram Tanaman pada bagian yang tepat 

Tanaman dapat menyalurkan air dan nutrisi ke seluruh bagian tubuhnya sendiri, sehingga kamu tidak perlu menyiram ke seluruh bagian tanaman. Kamu bisa menyiramnya di bagian tanah sekitar tanaman tersebut . Bila menyiram pada bagian daun atau batang akan membuat tanaman menjadi ditumbuhi oleh jamur atau parasit lainnya. 

3. Jangan sampai bagian bawah akar terendam

Setelah melakukan penyiraman kamu bisa mengecek apakah tanahnya sudah mendapatkan air yg cukup. Jangan sampai akar tanaman mu terendam air karena dapat membuat tanamanmu menguning, apalagi tanah terlalu kering juga dapat membuat tanamanmu mati. 

4. Perhatikan siklus penyiraman

Setiap tanaman butuh penyiraman yang berbeda-beda, kamu bisa eksperimen media mulai kering setelah berapa waktu disiram untuk tanaman yang kamu punya. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *